Contoh Naskah Expose Monev TP PKK Desa

Di bawah ini sebuah Contoh Naskah Expose Monev TP PKK Desa.

Assalaamu alaikum wr.wb.

Yang Terhormat dan sangat kami hormati Wakil Bupati (Nama Kab) Bapak (Sebutkan namanya). beserta Ibu
Yang Terhormat Tim Monitoring dan Evaluasi 10 Program PKK Kabupaten (Nama Kab)
Yang Terhormat Bapak Camat (Nama Kec) selaku Dewan Pembina Tim Penggerak PKK Kecamatan
Yang Terhormat Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan (Nama Kec) beserta anggota
Yang Terhormat Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan (Nama Kec) beserta anggota
Yang Terhormat Bapak Kepala Desa (Nama Desa) selaku Dewan Pembina Tim Penggerak PKK Desa (Nama Desa)
Yang Terhormat para Kepala Desa Se-Kecamatan (Nama Kec) selaku Dewan Pembina PKK tingkat desa
Yang Terhormat Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Se-Kecamatan (Nama Kec) beserta anggota
Para Ibu-ibu pengurus dan anggota PKK Desa (Nama Desa) yang sangat saya hormati dan saya banggakan.
Hadirin Undangan Yang Berbahagia

Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya , alhamdulilah kita pada hari ini dapat berkumpul bersama pada acara MONITORING DAN EVALUASI 10 PROGRAM PKK TINGKAT KABUPATEN (Nama Kab) di desa (Nama Desa) yang sangat kita cintai ini semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tetap tercurah pada Baginda Alam Kanjeng Nabi Muhamad SAW, kepada keluarganya para sahabatnya termasuk kita selaku umatnya sampai akhir zaman, Amin ya Robbal Alamiin.

Hadirin Undangan Yang Berbahagia

Gerakan PKK adalah Gerakan Nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya, menuju terwujudnya Keluarga Bahagia, Sejahtera, Maju dan Mandiri
Searah dengan kebijakan tersebut PKK sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan Tugas dan fungsinya, berupaya seoptimal mungkin memasyarakatkan 10 Program PKK untuk Kesejahteraan Keluarga dan masyarakat sesuai dengan RAKERNAS PKK VII Tahun 2010.

Hadirin Undangan Yang Berbahagia

Ruang lingkup wilayah kerja TP PKK Desa (Nama Desa), meliputi wilayah desa (Nama Desa) yang terdiri dari 2 Dusun 5 RW/Blok 19 RT, Jumlah Penduduk saat ini sebanyak 4050 jiwa terdiri dari 2083 orang laki-laki dan 1967 orang perempuan dengan 1284 Kepala Keluarga.
Keadaan Pengurus dan anggota TP PKK Desa (Nama Desa) terdiri dari : Ketua, Wakil ketua, Sekretaris, Bendahara, Pokja I sampai Pokja IV . Kegiatan-Kegiatan yang telah kami laksanakan pada tahun 2016 - 2017 diantaranya sebagai berikut:

KETUA
Memberikan bimbingan, pembinaan bantuan dan memfasilitasi kelancaran dan kelangsungan gerakan PKK Desa (Nama Desa), sehingga kegiatan dan partisipasi masyarakat mengalami peninggakatan.
Melaksanakan koordinasi dengan Para ketua Pokja dalam kegiatan pelaksanaan masing-masing Pokja, dengan harapan hasil kegiatannya lebih baik.

Melaksanakan Koordinasi Keluar ( Dewan Pembina, TP PKK KECAMATAN, Koordinator PLKB dan pihak-pihak lain yang terkait ) demi tercapainya Pelaksanaan kegiatan PKK Desa (Nama Desa).

SEKRETARIS
Bidang Ketatausahaan
Kegiatannya yaitu membuat dan meng-arsipkannya semua jenis kegiatan, baik dalam pembuatan surat menyurat dan pengarsipan.
Pembentukan kelompok dasa wisma di Dusun Kramat jaya sebanyak 28 kelompok Dasa Wisma, dan berikutnya di Dusun 2.

Bidang Perencanaan.
Kegiatannya yaitu Menyusun Program Kerja dan anggaran biaya bersama ketua dan bendahara.
peningkatan sarana dan prasarana POSYANDU di tiap Blok dan anggarannya diajukan ke APBDes.
BENDAHARA

Dalam melaksanakan roda organisasi TP PKK Desa (Nama Desa) tidak terlepas dari perlunya pendanaan. Adapun sumber dana yang diterima oleh TP PKK Desa (Nama Desa) berdasarkan APBDes Tahun Anggaran 2016 adalah Rp. 14 Juta ( Empat Belas Juta Rupiah ) dan Pengelolaan Administrasi Keuangannya selalu kami catat, baik pemasukan maupun pengeluarannya.

POKJA I

Melaksanakan 2 program kegiatan :

Program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila :
Meng-optimalkan peran orang tua / yang mengasuh dalam menerapkan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam keluarga
Meningkatkan pemahaman mengenai berbagai peraturan dan undang- undang yang berkaiatan dengan ketahanan keluarga diantaranya : undang-undang perkawinan, perlindungan anak, KDRT dan lainnya.
Membentuk Satgas Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( PKDRT)
Program Gotong-royong :
Mengajak Pengurus dan Anggota untuk mengikuti kegiatan keagamaan seperti sholawatan ibu-ibu dan pengajian rutin di Mesjid Al AMIN dan Mesjid Al HIDAYAH
Melaksanakan Kerja Bakti Gerakan JUMSIH dan membantu dalam kegiatan rehabilitasi dan Pembangunan Madrasah
Membina para remaja melalui kelompok BKR BINA LAKSANA
Membantu para Remaja dalam Kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK REMAJA ).
Membina Keluarga yang memiliki Lansia / Bina Keluarga Lansia ( BKL )dengan kegiatan Sholawat Nariyah.
POKJA II
Pembinaan Kelompok UP2K SEDAP MALAM dengan jumlah Anggota Kelompok 7 Orang dengan jenis Aneka Usaha Produktif seperti pedagang jajanan, dan kerajinan anyaman baik rotan maupun bambu, sehingga kedepan akan tumbuh kelompok UP2K yang potensial
Pembinaan Kelompok BKB SEDAP MALAM dengan jumlah anggota 16 orang, dengan targetan di tiap RW akan terbentuk Kelompok BKB produktif
Mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten
Memberikan penyuluhan tentang pentingnya WAJAR DIKDAS (wajib belajar pendidikan dasar) 9 tahun dan WAJAR DIKDAS 12 tahun
POKJA III
Sosialisasi Gerakan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK) dalam Pemenuhan kebutuhan pangan keluarga dengan meng-optimalkan lahan pekarangan dengan tanaman pangan dan tanaman produktif yang bernilai ekonomi bagi keluarga.
Membudayakan perilaku berbusana sesuai dengan moral budaya indonesia dan meningkatkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri.
POKJA IV
Mengikuti dan mensosialisasikan kepada masyarakat Program Pemerintah untuk ber-KB
Membina dan melaksanakan Kegiatan-kegiatan di lima Posyandu yaitu :
POSYANDU MELATI di Blok Sabtu
POSYANDU SEDAP MALAM II di Blok Senin
POSYANDU CENDRAWASIH di Blok Kamis
POSYANDU SEDAP MALAM I di Blok Rabu
POSYANDU MAWAR di Blok Selasa
Melaksanakan Sosialisasi PHBS ( perilaku hidup bersih dan sehat ) pada Kader dan Masyarakat
Penyuluhan rutin kepada Ibu-ibu hamil tentang kehamilan, persiapan kelahiran dan pemberian ASI eklusif.
KESIMPULAN DAN SARAN

TIM PENGGERAK PKK Desa (Nama Desa) sepanjang tahun 2016 melakukan kegiatan secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menghimpun, menggerakan dan membina masyarakat serta menggali dan mengembangkan potensi yang ada untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK.
Demi terwujudnya kinerja TIM PENGGERAK PKK DESA (Nama Desa), kami mengharapkan bimbingan dan arahan dari berbagai pihak supaya kami lebih maksimal lagi dalam membuka pintu-pintu INOVASI dan jendela-jendela KREATIFITAS sehingga terciptanya Peningkatan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di desa kami.
Demikian kegiatan –kegiatan yang telah kami laksanakan. Terimakasih atas perhatiannya serta mohon maaf atas segala kekurangan.
Wassalaamu aliakum wr. wb.

Tim Penggerak PKK Desa (Nama Desa)
..............Ketua.................

(NY. ...............................)
Previous Post Next Post