Potret Beberapa Bumdes yang Berhasil


Desa Juara - Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan sebuah jenis usaha yang dikelola serta diprioritaskan untuk perkembangan desa. BUMDes ini sebenarnya merupakan salah satu langkah dari pemerintah pusat dalam upaya pemerataan pembangungan ekonomi. Dengan pemerataan ini diharapkan tidak akan terjadi lagi kesenjangan antara masyarakat di perkotaan dan pedesaan. Selain itu, diharapkan masyarakat pedesaan bisa memiliki kemandirian dalam memajukan desanya.





Keberadaan BUMDes diharapkan bisa melahirkan industri-industri kreatif yang mampu memberdayakan masyarakat desa sehingga tidak akan lagi ada masyarakat pedesaan yang merantau ke kota hanya untuk mencari pekerjaan.





Berikut ini beberapa contoh pengelolaan BUMDes yang sudah mampu meningkatkan Penghasilan Asli Desa (PAD) serta meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa setempat. 





# BUMDes Tirta Mandiri, Desa Ponggok


BUMDes yang diberi nama Tirta Mandiri ini merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang kepariwisataan. Terletak di Dusun Umbul, Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.





Menariknya lagi, BUMDes Tirta Mandiri ini sempat dinobatkan sebagai BUMDes terbaik di Indonesia. Wajar saja demikian, sebab omsetnya saja mencapai 10.36 miliar dengan laba bersih mencapai 6.5 miliar.





BUMDes Multianggaluku Mandiri


Meskipun belum memiliki keuntungan sebesar BUMDes Desa Ponggok, tapi kehadiran BUMDes Multianggaluku Mandiri ini terbukti mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.


BUMDes Multianggaluku Mandiri adalah Badan Usaha Milik Desa - Desa Kalukubula di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah 





Dengan membuka toko penyaluran barang-barang bersubsidi dari pemerintah, terbukti mampu membantu masyarakat setempat untuk bisa menikmatinya secara merata.


BUMDes ini berdiri pada 2015 dengan modal awal Rp 34 juta yang diperoleh dari dana desa. BUMDes yang bergerak di bidang perdagangan kemudian berkembang signifikan. Bahkan telah bekerja sama dengan Pertamina dan Bulog sebagai penyalur barang bersubsidi.





BUMDes Cibodas Lembang


BUMDes yang berada di Desa Cobodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat ini bergerak dibidang penyaluran air bersih ini ternyata bisa memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan masyarakat setempat. Bahkan BUMDes Cibodas kini tercatat sudah memiliki lebih dari 3.200 konsumen.





Hal seperti ini pastinya harus dicontoh oleh desa-desa lain. Sebab BUMDes tidak melulu harus mencari keuntungan dalam hal finansial saja, tapi harus bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat desa setempat.





BUMDes Tirtonirmala


Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini berada di desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta  Bergerak dibidang simpan pinjam, BUMDes Tirtonirmala mampu menghasilkan keuntungan sampai dengan Rp 8.7 miliar. Kegiatan simpan pinjam ini terbukti bisa sangat membantu perekonomian masyarakat di desa tersebut.





Bunga pinjaman yang dipatok oleh BUMDes ini pun tidak sebesar bungan pinjaman yang dipatok oleh pihak bank. Oleh sebab itu bisa sangat mengurangi beban para peminjamnya.





BUMDes Karya Jaya Abadi


BUMDES KARYA JAYA ABADI merupakan sebuah badan usaha milik desa yang berada di Desa Amin Jaya, Kec. Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. BUMDes ini memiliki peran sebagai lembaga penyedia barang dan jasa kebutuhan masyarakat serta pemberi pelayanan umum dibidang perekonomian masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Amin Jaya.


Salah satu bukti kesuksesan dari BUMDes Karya Jaya Abadi ini adalah berhasil mengukuhkan diri sebagai BUMDes paling kreatif tingkat nasional. Alasannya lantaran BUMDes yang satu ini dinilai aktif, inovatif, serta memiliki langkah yang cukup berani dalam memajukan perekonomian masyarakat desa setempat.





BUMDes yang satu ini memposisikan diri sebagai pembeli sawit dari warga secara langsung. Hasilnya, masyarakat desa yang sebagian besar warganya hidup dari kelapa sawit menjadi lebih sejahtera lantaran tidak lagi dilindas tengkulak sawit yang masih merajalela.





Usaha inilah yang kemudian menjadi pemicu bangkitnya kegiatan usaha dari BUMDes Karya Jaya Mandiri ini. Hal ini juga dipengaruhi oleh potensi sawit di desa Amin Jaya yang terbilang cukup melimpah.





Terlebih lagi didukung juga dengan dekatnya Perusahaan Penampung Tandan Buah Segar (TBS) Sawit. Maka dari itu tidak mengherankan jika usaha BUMDes Karya Jaya Mandiri ini cepat berkembang.





Demikian beberapa contoh BUMDES yang berhasil berkembang sehingga dapat meningkatkan pendapatan Asli Desa secara khusus, dan umumnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Mudah-mudahan semakin banyak BUMDES yang maju dan berkembang, sehingga akan tercipta desa-desa juara senusantara. ***





Sumber (dengan sedikit editing) : http://www.berdesa.com/belajar-dari-bumdes-bumdes-yang-terbukti-berhasil-mensejahtrakan-masyarakat/


Previous Post Next Post