Contoh Inovasi Desa, Ibu PKK Raup Rupiah dari Sampah

Desa Juara - Adanya program Inovasi Desa (PID) ide-ide kreatif dan inovatif terus bermunculan di desa-desa Indonesia. Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TPKK) di Desa Gemawang, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung , Provinsi Jawa Tengah tidak hanya berhasil mengubah kesan bahwa sampah adalah barang sisa yang tak lagi bermanfaat, yang menimbulkan kesan kumuh dan kotor, tetapi berkat kreatifitas mereka berhasil rupiah hingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ide pendirian Bank Sampah muncul pada medio 2017. PKK Desa Gemawang menyelenggarakan pelatihan tentang Bank Sampah yang dibiayai oleh Dana Desa 2017.

Meski waktu pelatihan sangat singkat, pelatihan itu mampu memberi gambaran tentang Bank Sampah. Para kader PKK bersepakat untuk nekad mendirikan Bank Sampah PKK Gemawang. Langkah inovatif ini bertujuan untuk menyelesaikan sampah dan mewujudkan lingkungan desa yang bersih dan sehat.

Bank Sampah adalah sebutan bagi tempat yang digunakan oleh PKK Gemawang untuk mengumpulkan dan memilah sampah. Sampah yang sudah terkumpul dan terpilah selanjutnya dikirim ke tempat pengolahan sampah mapun pembuatan kerajinan dari sampah.

Pengelolaan Bank Sampah mirip dengan sistem perbankan. Masyarakat menyetorkan sampah akan mendapat buku tabungan untuk mencatat transaksi setoran layaknya kegiatan menabung di bank.

Saat ini, Bank Sampah PKK Desa Gemawang baru tahap pengumpulan sampah. Sampah-sampah yang terkumpul dikirim ke perusahaan pengepul sampah. Dari 8 dusun di Desa Gemawang, ada 4 dusun yang sudah aktif menyetor sampah. Empat dusun lainnya baru selesai pada tahap sosialisasi. Pada Maret 2017, PKK Desa Gemawang menargetkan semua dusun sudah aktif menjadi nasabah Bank Sampah.

Pengelolaan Bank Sampah bukan tanpa kendala. Pada setoran pertama, Bank Sampah menghadapi masalah akibat perusahaan pengepul tidak menerima sampah plastik. Akibatnya, sampah plastik menumpuk di Bank Sampah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Bank Sampah berinisiatif mengolah sampah plastik menjadi bijih atau rajangan plastik. Pemerintah Desa Gemawang mendukung gagasan itu dengan membelikan mesin perajang plastik.

Kegiatan Bank Sampah PKK Desa Gemawang juga mendapat tanggapan positif dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gemawang. Aktivitas Bank Sampah Desa Gemawang dianggap membantu program Puskesmas di bidang kesehatan masyarakat. Puskesmas Gemawang siap berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan bank sampah itu.***kemendesa.go.id

Previous Post Next Post