Pendaftaran Bumdesa Sebagai Badan Hukum Baru, Resmi DIluncurkan

Peluncuran Pendaftaran BUMDes, Badan Hukum Baru, Bumdes Energi Ekonomi dan Investasi Desa

Badan Hukum Baru Bumdes Energi Ekonomi dan Investasi Desa

Dengan terbitnya permendesa no 3/2021 terkait pendaftaran bumdes, Maka langkah pertama yaitu pendaftaran nama bumdesa, link pendaftaran nya akan di buka mulai tanggal 27 Mei 2021 dengan alamat https://bumdes.kemendesa.go.id atau bisa juga diakses dari portal kemendesa di https://kemendesa.go.id/sid Pendaftaran akan dilakukan oleh/atas nama kepala desa menggunakan NIK, menyertakan nama bumdesa ( diawali dengan kata bumdesa diakhiri dengan nama desa) jenis bumdes, dan alamat bumdesa, disertai surat pernyataan tentang kebenaran data yang diberikan. Setelah mendaftar dalam waktu 1 hari akan keluar no registrasi pendaftaran nama, dan kementrian akan menyampaikan desa2 yg sudah mendaftarkan nama melalui DRP. Yang artinya Pendamping desa berkewajiban mendampingi proses selanjutnya. No registrasi tersebut memiliki masa berlaku selama 40 hari. Hal2 yang harus dilakukan selama 40 hari tsb adalah sbb : 1. Pengurus bumdes difasilitasi oleh Pendamping menyusun draft Perdes perubahan pembentukan bumdesa, AD/ART yg ada agar sesuai dengan Peraturan terbaru. Selain itu Pengurus juga menyusun program kerja selama 1 tahun (Format menyusul). 2. Membahas dg BPD dan menetapkan draft Perdes, AD/ART dan Program Kerja tersebut melalui musdes dan memuatnya dalam berita acara musdes (pelaksanaan musdes oleh desa dipimpin BPD) 3. Mendaftarkan bumdesa melalui web SID dengan melampirkan berita acara dan ke 4 dokumen tersebut. Pendaftaran dilakukan oleh/ atas nama kades. Jika dalam 40 hari belum dilakukan proses pendaftaran maka no registrasi akan expired dan silahkan mendaftarkan nama kembali Setelah mendaftar akan dilakukan verifikasi, jika lulus maka desa akan menerima sertifikat elektronik tentang badan hukum bumdes, jika tidak akan ada pemberitahuan untuk melengkapi atau memperbaiki dokumen2 diatas. Sejalan dengan verifikasi oleh kementerian maka pendamping melalui DRP akan ikut melaporkan keberadaan bumdesa dengan melengkapi foto lokasi usaha bumdes yg aktif dg dilengkapi geotagging, sebagai bukti bahwa bumdes tersebut benar2 ada. Catatan : Wajib diketahui bahwa nama BUM Desa/BUM Desa bersama yang didaftarkan harus memenuhi ketentuan: a. tidak sama atau tidak menyerupai nama BUM Desa/BUM Desa bersama lain, lembaga pemerintah, dan lembaga internasional; b. diawali dengan frasa BUM Desa dan diakhiri dengan nama administratif Desa untuk BUM Desa; c. diawali dengan frasa BUM Desa bersama untuk BUM Desa bersama; d. tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan; e. sesuai dengan atau mencerminkan maksud dan tujuan, serta usaha BUM Desa/BUM Desa bersama; f. terdiri dari rangkaian huruf yang membentuk kata; dan g. tidak mengandung bahasa asing. Demikian untuk dapat ditinjut persiapan nya Dan semangaaatt bekerja

Hari ini pendaftaran Bumdes sebagai badan hukum baru dimulai. Sebagai entitas badan hukum, Bumdes sah menjalin kerja sama bisnis dengan badan hukum lain seperti PT, CV, koperasi, dsb. Bumdes juga sah untuk mendapat skema kredit pemerintah maupun komersial perbankan.

Bahkan regulasi-regulasi turunan UU Cipta Kerja membolehkan Bumdes mengelola usaha sumber daya air, serta bagian-bagian jalan tol dan non-tol. Bumdes boleh bekerja sama dalam pengujian kendaraan bermotor, kalibrasi hingga jasa pemeliharaan. Bumdespun halal bermitra mengelola terminal penumpang, dan turut mengelola pasar rakyat. Bahkan, Bumdes boleh menjalankan usaha di areal kehutanan, pengolahan kayu bulat menjadi produk kayu gergajian dengan kapasitas produksi kurang dari 2.000 m3/tahun, serta pengolahan hasil hutan non kayu berskala kecil.

Big data Bumdes kini dikelola Kemendesa PDTT, yang digunakan untuk mendapatkan nomor badan hukum dari Kemenkumham, pendaftaran unit usaha ke Kementerian Investasi, perpajakan, hingga pembinaan satu per satu Bumdes.

Apalagi, terhubung dengan big data SDGs Desa, yang telah mengompilasi 51 juta atau 43% data by name by addres warga desa, 17 juta 55% data by name by addres keluarga desa, 241 ribu data wilayah rukun tetangga, dan 23 ribu data desa.

Tutorial cara pendaftaran dapat Anda simak pada video tutorail berikut ini :



Previous Post Next Post