Tentang kami

ITDESA.COM (baca Info Tentang Desa) adalah laman yang menyajikan berbagai konten tentang desa, mulai dari informasi dan berita desa, regulasi yang berkaitan Desa | Pemerintah Desa, Program Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inovasi Desa, Peluang Usaha di Desa, Desa Wisata, Pendamping Desa serta semua hal yang terkait dengan desa serta informasi lain secara umum yang bermanfaat bagi masyarakat desa dan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia dan dunia pada umumnya. 


Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Bab I pasal 1) Desa memiliki arti adalah sebuah kesatuan hukum yang secara sah dan dilindungi memiliki batas wilayah. Dalam wilayah tersebut, warga desa melalui perangkat desa berhak dan berwenang untuk mengatur pemerintahan serta kepentingan masyarakat setempat yang juga menjamin berbagai hal termasuk hak tradisional yang dianut di setiap desa. Selain pengertian desa menurut UU No 6 Tahun 2014, ada juga beberapa pengertian dari ahli lainnya yang bisa memberikan pemahaman lebih bahwa desa memiliki posisi penting. Seperti contohnya adalah mencari akar atau sumber dari kata desa yakni.: Desa adalah suatu kesatuan hukum dan di dalamnya bertempat tinggal sekelompok masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri, hal ini disampaikan oleh Sutardjo Kartohadikusumo yang merupakan seorang Gubernur Jawa Barat yang pertama. 

Hal ini disampaikannya saat menjabat menjadi Gubernur. Selain pengertian desa menurut UU No 6 Tahun 2014 dan juga menurut Sutardjo Kartohadikusumo, ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa desa merupakan suatu wilayah yang mempunyai tingkat kepadatan penduduk yang rendah dan dihuni oleh penduduk dengan interaksi sosial yang bersifat homogen. Selain itu, penduduknya bermatapencaharian di bidang agraris serta mampu berinteraksi dengan wilayah lain di sekitarnya. Hal itu disampaikan oleh Rifhi Siddiq yang merupakan salah satu ahli dalam bidang Antropologi. Tidak heran jika pendapatnya mengenai desa juga membawa interaksi sosial dimana tidak ada dalam pendapat milik Sutardjo Kartohadikusumo. Ciri-ciri desa menurut Paul H Landis : Desa adalah suatu wilayah yang jumlah penduduknya kurang dari 2.500 jiwa Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antra ribuan jiwa Ada pertalian perasaan yang sama tentang kesukuaan terhadap kebiasaan Cara berusaha (ekonomi) adalah agraris yang paling umum yang sangat dipengaruhi alam sekitar seperti iklim, keadaan alam, kekayaan alam, sedangkan pekerjaan yang bukan agraris adalah bersifat sambilan. 

Dalam blog ITDESA ini disajikan antara lain tentang UU Desa, Peraturan Desa, Administrasi Desa, Pembangunan Desa, Pendamping Desa, Pendataan Desa, SDGS Desa. Desa Wisata dan lain-lain. Terima kasih atas kunjungan Anda! Salam Berdesa! ITDESA.COM | Dari Desa Untuk Dunia